🏡 Home

Permulaan di 2021

Tahun 2021 mulai hari ini. Tahun lalu banyak capaian, juga tidak-capaian. Saya tidak punya resolusi yang konkret untuk dimulai tahun ini. Hanya saja ada beberapa keinginan yang ingin saya wujudkan.

  • Mempelajari framework selain React

    Saya sudah lumayan banyak berkecimpung di pengembagan aplikasi dengan basis React. Saya sadar masih banyak yang masih perlu saya sempurnakan. Tapi mungkin perlu beralih di framework lain juga untuk memperluas pandangan. Framework yang lumayan menarik bagi saya adalah Svelte.js. Entah mungkin kalau ada kesempatan situs ini saya rombak dengan Svelte.js

  • Aktualisasi intelektualitas

    Saya agak sulit mencari istilah yang cocok untuk ini. Tapi pada praktiknya saya ingin menuntaskan draft buku dan video tutorial yang pernah saya inisiasi.

  • Belajar investasi lebih jauh

    Portofolio investasi saya masih minim lebih banyak di tabungan. Sudah ada rekening saham, reksadana, dsb tapi belum saya maksimalkan. Mungkin tahun ini akan lebih banyak belajar finansial lagi.

  • Intermittent fasting

    Saya sudah di umur kepala tiga, dan kesehatan sudah tidak seperti dekade sebelumnya. Dari riset yang sudah saya lakukan sesuatu yang sangat besar manfaatnya untuk kesehatan saya yang bisa saya lakukan adalah puasa, mengurangi apa yang saya makan. Dampaknya akan jauh lebih besar dari olah raga (untuk saya saat ini) bila bisa mengimplementasikan dengan baik. Mungkin akan saya coba pola intermittent fasting atau puasa sunah seperti biasa. Mungkin nanti hambatan terbesar adalah mengurangi kopi waktu puasa, soalnya kalau kerja biasa ditemani kopi.

Dan mungkin beberapa yang lain.

Situs ini juga mungkin akan beralih fokus lagi untuk tahun ini. Awalnya situs ini saya desain sebagai catatan personal untuk software engineering yang saya dalami. Mungkin nanti akan saya alihkan fokusnya menjadi protofolio/branding, tuangan-tuangan pikiran, catatan-catatan, dsb.

Bahasa juga awalnya banyak menulis dengan bahasa Inggris karena saya ingin mengasah kemampuan menulis saya dalam bahasa tersebut. Tapi mungkin saya akan banyak menulis lagi dalam bahasa Indonesia, entah lihat nanti mungkin.